Materi diklat kedua adalah tentang filosofi kuliah kerja nyata
Pematerinya adalah Prof. Dr. Deden
Mulyana, SE., Msi.
KKN merupakan bagia integral dari
proses pendidikan yang mempuyai ciri-ciri khusus pada sistem, sistem
penyelenggaraan, memerlukan landasan idiil yang secara filosofis akan mberikan
gambaran serta pengertian yang utuh tentang apa, bagaimna, serta untuk apa
kuliah kerja nyat it diselenggarakan.
KKN memiliki 5 aspek yang berniai fundamental dan berwawasan
filosofis yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya:
1.
Keterpaduan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
KKN
merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukn dharma pendidikan dan pengajaran,
penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam suau kegiatan.
2.
Pendekatan interdisipliner dan kopeherensif
KKN
merupakan pengamalan ilmu yang menutun mahasiswa kepada pola berfikir
interdisiplin dan kopeherensif. KKN
bertolak dari permasalahan nyata dari masyarakat, yang disekati dengan
menggunaan segala macam ilmu pengetahuan, dan teknlogi serta seni yang
sudahatau sedang dipelajari.
3.
Lintas Sektoral
Keterpaduan
dalam melaksanakan proses pembangunadi Indonesia oleh bragam sektor yang ada
merupakan prinsip yang penting
4.
Dimensi Luas dan Kepragmatisan
Modal
KKN bukan hanya ilmu yangdpelajarinya secara ormal di perguruan tinggi, tetapi
uga segala pengetahuan, pengalaman, dan intelegensi yang dimiliki oleh
mahasiswa.
5.
Keterlibatan Masyarakan secara Aktif
Di
dalam melaksanakan KKn harus terjalin kerjasama serta keterluibatan yag baik
anatara mahasiswa dan masyarakat sejak proses pengumpulan data dan informasi,
analisisi situasi, indentifikasi masalah, perumusam program dan perencanaan
kerja, serta pelaksanaan dan evaluasi hasilnya.
Pengertian Kuliah Kerja Nyata : suatu
kegiatan perkuliahan intrakuliuler dalam bentuk pengabdian keepada masyarakat
yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner dan lintas sektoral.
Tujuan
KKN : diarahka dalam 3 aspek utama yang meliputi pengembangan kepribadian
mahasiswa,pengembangan kelembagaaan, pengembangan masyarakat.
Manfaat KKN :
1.
Mahasiswa
Memperdalam
pengertian dan penghayatan mahasiswa dalam cara berfikir dan bekeja secara
interdisipliner dan lintas sosial.
2.
Perguruan Tinggi
Tenaga
pengajar memperoleh berbagai kasus yang berharga, yang dapat digunakan sebagai
contoh dalam pendidikn
3.
Masyarkat
Memperoleh
tenaga dan fikiran untuk merencanakan serta melaksanakan proyek pembangunan.
KKN tematik adalah KKN yang orientasi
program kegiatan terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalaha
kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselengggarakan pemerintah
pada wilayah tertentu (kabupaten/kota).
Salah
satu tujuan kkn tematik adalah terinteggrasiakn Perguruan Tinggi, Pemerintah,
dan asyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar