DAMPAK KEPADATAN POPULASI MANUSIA
TERHADAP LALU
LINTAS
A.
Tujuan
Mendapatkan data kepadatan lalu lintas dan populasi manusia yang ikut
beraktifitas (penumpang) serta mengetahui dampaknya terhadap lingkungan.
B.
Pengantar
Kota Tasikmalaya saat ini demikian padat dengan
populasi manusia (penduduk).
Tingkat kepadatan jauh lebih tinggi pada siang
hari bila dibandingkan dengan jumlah penduduk pada malam hari. Kepadatan
penduduk tersebut berpengaruh terhadap banyak aspek aktifitas manusia. Salah
satu diantaranya adalah dampaknya terhadap lalu lintas.
Dalam hal transportasi, maka alat angkutan
(kendaraan) jelas diperlukan bagi mobolitas manusia untuk berbagai kegiatan.
Urgensinya semakin mutlak untuk efektifitas dan efesiensi kegiatan kehidupan
yang kompleks. Akan tetapi, sejauh manakah esensiasi fasilitas alat angkutan
(mobil) yang tersedia tersebut dalam kaitannya dengan mobilitas manusia.
Analisis dampak lalu lintas merupakan studi yang
memperkirakan pengaruh langsung dimana penambahan lalu lintas tertentu akan
mempengaruhi jaringan transportasi di sekitarnya. Studi dampak lalu
lintas akan bervariasi dalam jarak dan kompleksitas tergantung pada tipe dan
ukuran pengembangan yang diharapkan.
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri
dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karasteristik tertentu yang
ditetapkan oleh peneliti. (Sugiyono)
Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin
baik hasil menghitung maupun hasil pengukuran kuantitatif atau kualitatif dan
pada karasteristik tertentu mengenai sekumpulan obyek yang lengkap.
Emisi gas CO2 menjadi banyak pembicaraan saat ini.
Gas CO2 seperti banyak kita ketahui sangat penting keberadaannya di bumi ini,
tak lain karena dibutuhkan dalam proses fotosintesis tumbuhan. Namun
Demikian gas CO2 juga tidak boleh
terlalu banyak karena merupakan salah satu faktor penting terjadinya pemanasan global. Emisi gas C02 sangat
memengaruhi perubahan iklim bumi, jika gas CO2 semakin meningkat maka bumi akan
semakin panas.
1. Alat tulis
2. Kertas grafik
3. Papan alas
4. Counter
5.
Kamera
D. Cara Kerja
1.
Menentukan lokasi (jalan) yang ramai yang sering
dilewati kendaraan bermotor
2.
Pengamatan dilakukan pada hari libur (sabtu) dan
hari kerja (senin) dan waktunya pagi, siang, dan sore hari masing-masing selama
2 jam.
3.
Menghitung dan mencatat jumlah kendaraan yang
lewat seperti mini bus, bus, truk, trailer, sepeda motor, angkutan, delman,
becak, dan sepeda beserta penumpang termasuk pengemudi pada lembar pengamatan
4.
Pengamatan dilakukan oleh seluruh anggota
kelompok, minimal berdua, seorang mengamati dan menghitung serta seorang lagi
me-tally, pada lembar pengamatan.
5.
Membuat grafik untuksetiap jam dari hasil
pengamatan pada hari yang berbeda
6. membuat kesimpulan mengenai dampak populasi
masuk yang terjadi di Kota Tasikmaaya yang dikaika dengan dampak lingkungan dan
solusi yang dilakukan pada masa yang akan datang.
E. Waktu dan Tempat Pengamatan
Pengamatan tentang Dampak Kepadatan Populasi ManusiaTerhadap Lalu Lintas ini
dilaksanakan di Jalan Bypass Kota Tasikmalaya. Pengamatan dilaksanakan pada
hari kerja yaitu pada hari kamis tanggal 13 Juni 2013. Pada hari libur
yaitu pada hari minggu tanggal 16 Juni 2013 dan
F. Hasil Pengamatan
1. Gambar Hasil Observasi
Tabel Jumlah
Kendaraan di Bypass Pada Hari Kamis Dan Minggu Tanggal 13 Juni Dan 16 Juni 2013
Tabel Hasil Pengamatan
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
1
|
Motor
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
1700
|
2005
|
1733
|
1978
|
2803
|
296
|
2715
|
2715
|
||
2
|
719
|
823
|
84
|
729
|
975
|
1024
|
5114
|
10228
|
||
3
|
55
|
54
|
29
|
13
|
28
|
29
|
208
|
624
|
||
4
|
7
|
7
|
6
|
1
|
18
|
7
|
46
|
184
|
||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
2481
|
1089
|
2612
|
2721
|
3824
|
1356
|
1483
|
19751
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
2
|
Minibus
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
156
|
218
|
109
|
188
|
138
|
48
|
857
|
857
|
||
2
|
196
|
399
|
164
|
156
|
122
|
148
|
1185
|
2370
|
||
3
|
172
|
116
|
55
|
165
|
215
|
150
|
873
|
2619
|
||
4
|
157
|
85
|
69
|
200
|
100
|
192
|
803
|
3212
|
||
5
|
50
|
50
|
21
|
40
|
55
|
95
|
311
|
1555
|
||
6
|
18
|
33
|
20
|
64
|
54
|
114
|
303
|
1818
|
||
x
|
96
|
48
|
162
|
135
|
174
|
615
|
369
|
|||
Jumlah
|
749
|
997
|
486
|
975
|
819
|
921
|
4947
|
16121
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
3
|
Angkutan
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
53
|
30
|
32
|
53
|
25
|
25
|
218
|
218
|
||
2
|
103
|
61
|
36
|
61
|
42
|
30
|
333
|
666
|
||
3
|
137
|
97
|
42
|
38
|
43
|
28
|
349
|
1047
|
||
4
|
101
|
126
|
51
|
28
|
35
|
23
|
364
|
1456
|
||
5
|
142
|
205
|
52
|
38
|
15
|
21
|
473
|
2365
|
||
6
|
312
|
97
|
56
|
37
|
38
|
28
|
568
|
3408
|
||
x
|
42
|
94
|
16
|
53
|
54
|
40
|
299
|
1794
|
||
Jumlah
|
890
|
710
|
233
|
308
|
252
|
195
|
2604
|
10945
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
4
|
Trailer
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
16
|
29
|
23
|
24
|
38
|
26
|
156
|
156
|
||
2
|
34
|
45
|
49
|
38
|
52
|
48
|
266
|
532
|
||
3
|
26
|
30
|
21
|
32
|
25
|
31
|
165
|
495
|
||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
76
|
104
|
93
|
94
|
115
|
105
|
587
|
1183
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
5
|
Trek
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
23
|
38
|
29
|
36
|
40
|
30
|
196
|
196
|
||
2
|
38
|
54
|
43
|
72
|
84
|
75
|
366
|
732
|
||
3
|
18
|
29
|
26
|
46
|
32
|
28
|
179
|
537
|
||
4
|
8
|
3
|
2
|
1
|
14
|
56
|
||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
79
|
129
|
101
|
154
|
157
|
134
|
755
|
1521
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
6
|
Delman
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
1
|
1
|
|||
1
|
1
|
|||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
1
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
7
|
Becak
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
7
|
4
|
11
|
11
|
||||||
2
|
4
|
4
|
8
|
|||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
11
|
4
|
15
|
19
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
8
|
Sepeda
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
72
|
16
|
5
|
45
|
15
|
13
|
165
|
165
|
||
2
|
1
|
1
|
2
|
|||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
||||||||||
Jumlah
|
73
|
16
|
5
|
45
|
15
|
13
|
166
|
167
|
No
|
Jenis
Kendaraan
|
Jumlah
Penumpang
|
Jumlah Kendaraan
|
Total
Kendaraan
|
Total
Penumpang
|
|||||
9
|
Bus
|
Hari Kerja
|
Hari Libur
|
|||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||||
1
|
||||||||||
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
7
|
14
|
||||
3
|
1
|
5
|
6
|
12
|
36
|
|||||
4
|
1
|
1
|
4
|
|||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
x
|
11
|
4
|
7
|
12
|
3
|
5
|
252
|
1512
|
||
Jumlah
|
14
|
5
|
8
|
20
|
11
|
5
|
272
|
1566
|
GRAFIK JUMLAH JENIS KENDARAAN
1. Jenis kendaraan motor
2. Jenis kendaraan bus
3. Jenis kendaraan angkutan
4. Jenis kendaraan trailer
5. Jenis kendaraan truk
6. Jenis kendaraan delman
7. Jenis kendaraan becak
8. Jenis kendaraan bus
9. Jenis kendaraan sepeda
G. Pembahasan
Kepadatan lalu lintas di JL. Bypass kota
Tasikmalaya menuju dan keluar arah
singaparna terbilang padat terutama pada hari kerja (kamis) 13 Juni 2013.
Jenis
kendaraan bermotor pada waktu kerja volume paling banyak berada pada pagi hari,
hal ini dikarenakan banyak orang beraktivitas pada hari kerja ntuk pergi
bekerja, sekolah dan pergike area pasar di dekat baypass yaitu seperti pasar
cikurubuk. Sedangkan pada hari libur voluekendaraan palingbanyak pada siang
har, karena di gunakan oleh kebanyakan masyarakat untuk berlibur dan
berrekreasi.
Jenis
kendaraan minibus pada hari paling banyakwaktu siang har dikarenakan banyak
mobil pribadi dan mobil bok lainya digunakan untuk kegiatan bekerja seperti
mengantarkan barang. Sedankan di hari libur berada pada pagi hari.
Untuk
jenis angkutan jumlahnyarelatif jauh menurun waktu sore hari pada har kerja dan
hai libur, dikarenakan pengoprasian pada sore hari relatif tidak berjalan.
Untuk
jenis kendaraan trailer volume paling banyak pada kedua hari yang berbeda
keduanya sama-sama berada pada siang hari. Karena bisanya pengoprasian jenis
kendaraan tersebut mengirim muatan memilih sang hari untuk menghindari
banyaknya jumlah kendaraan pada pagi hari.hal ini sama halnya dengan jenis
kendaraan truk yang meningkat tajam pada siang hari.
Untkjenis
kendaraan delman ,kelompok kami hanya menemukan 1 delman, dan jenis becak di
hari kerja maupun hari libur hnayaterdapat pada pagi hari. Sedangkan untuk
jenis kendaraan bus baik hari libur dan kerja terdapat pada pagi hari, karena
banyak orang yang menggunakan jasa buss untuk mengawali aktivitas mereka.
Gas Buang Kendaraan Bermotor
Emisi gas buang dari kendaraan bermotor merupakan
salah satu polutan yang mencemari lingkungan.Meningkatnya jumlah kendaraan
bermotor yang beredar di masyarakat menyebabkan emisi gas buang juga semakin
meningkat. Emisi gas buang itu sendiri adalah sisa hasil dari suatu proses
pembakaran bahan bakar di dalam mesin. Komposisi emisi gas buang berupa:
a. Gas karbon
monooksida (CO)
Karbon monoksida, rumus kimia CO, adalah gas yang
tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa. Ia terdiri dari satu atom karbon yang
secara kovalen berikatan dengan satu atom oksigen. Dalam ikatan ini, terdapat dua ikatan kovalen dan
satu ikatan kovalen koordinasi antara atom karbon dan oksigen.
Karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran tak
sempurna dari senyawa karbon, sering terjadi pada mesin pembakaran dalam.
Karbon monoksida terbentuk apabila terdapat kekurangan oksigen dalam proses
pembakaran. Karbon monoksida mudah terbakar dan menghasilkan lidah api berwarna
biru, menghasilkan karbon dioksida.
Banyaknya CO dari gas buang itu tergantung dari
perbandingan bahan bakar dan udara. Hanya pada pembakaran yang sempurna dari
bahan bakar maka nilai CO-nya dapat nihil. Karbonmonoksida membahayakan
kehidupan manusia. Bila gas ini dihirup oleh manusia, akan menyebabkan
keracunan CO. Gas ini akan dihasilkan karena karbon yang terdapat dalam bensin
(kira-kira 85% dari berat sisanya hydrogen) terbakar tidak sempurna karena
kekurangan oksigen. Karbonmonoksida tidak dapat dihilangkan, bila campuran
bahan bakar kaya.
Bila motor bensin dipergunakan dalam suatu tempat
tertutup seperti dalam suatu bangunan atau terowongan, motor mengeluarkan gas
buang dan mempercepat kekurangan oksigen, sehingga konsentrasi karbonmonoksida
naik. Jika berada disana dan terhirup maka kita akan keracunan CO dan
kehilangan kesadaran tanpa rasa sakit. Jadi ini sangat berbahaya. Kendaraan
bermotor 4 tak untuk tahun pembuatan 2010 ke bawah, standar kandungan CO harus
dibawah 5,5 %. Sementara untuk motor 4-tak tahun pembuatan di atas 2010 harus
memenuhi syarat kadar emisi gas buangnya CO dibawah 4,5 %.
b. Karbon Dioksida
(CO2)
Senyawa CO2 sebenarnya
merupakan komponen yang secara alamiah banyak terdapat di udara. Oleh karena itu
CO2 dahulunya tidak
menepati urutan pencemaran udara yang menjadi perhatian lebih dari normalnya
akibat penggunaan bahan bakar yang berlebihan setiap tahunnya. Pengaruh CO2 disebut efek
rumah kaca dimana CO2 diatmosfer dapat menyerap energi panas dan menghalangijalanya energi panas
tersebut dari atmosfer ke permukaan yang lebih tinggi. Keadaan ini menyebabkan
meningkatnya suhu rata -rata di permukaan bumi dan dapat mengakibatkan
meningginya permukaan air laut akibat melelehnya gunung-gunung es, yang pada
akhirnya akan mengubah berbagai sirklus alamiah.
c. Sulfur Oksida
(SOx),
Sulfur dioksida (SO2) merupakan gas buang yang larut
dalam air yang langsung dapat terabsorbsi di dalam hidung dan sebagian besar
saluran ke paru-paru. Karena partikulat di dalam gas buang kendaraan bermotor
berukuran kecil, partikulat tersebut dapat masuk sampai ke dalam alveoli
paru-paru dan bagian lain yang sempit. Partikulat gas buang kendaraan bermotor
terutama terdiri jelaga (hidrokarbon yang tidak terbakar) dan senyawa anorganik
(senyawa-senyawa logam, nitrat dan sulfat). Sulfur dioksida di atmosfer dapat
berubah menjadi kabut asam sulfat (H2SO4) dan partikulat sulfat. Sifat iritasi
terhadap saluran pernafasan, menyebabkan SO2 dan partikulat dapat membengkaknya
membran mukosa dan pembentukan mukosa dapat meningkatnya hambatan aliran udara
pada saluran pernafasan. Kondisi ini akan menjadi lebih parah bagi kelompok
yang peka, seperti penderita penyakit jantung atau paru-paru dan para lanjut
usia.
d. Nitrogen Oksida (NOx),
Diantara berbagai jenis
oksida nitrogen yang ada di udara, nitrogen dioksida (NO2) merupakan gas yang
paling beracun. Karena larutan NO2 dalam air yang lebih rendah dibandingkan
dengan SO2, maka NO2 akan dapat menembus ke dalam saluran pernafasan lebih
dalam. Bagian dari saluran yang pertama kali dipengaruhi adalah membran mukosa
dan jaringan paru. Organ lain yang dapat dicapai oleh NO2 dari paru adalah
melalui aliran darah. Karena data epidemilogi tentang resiko pengaruh NO2 terhadap
kesehatan manusia sampai saat ini belum lengkap, maka evaluasinya banyak
didasarkan pada hasil studi eksprimental. Berdasarkan studi menggunakan
binatang percobaan, pengaruh yang membahayakan seperti misalnya meningkatnya
kepekaan terhadap radang saluran pernafasan, dapat terjadi setelah mendapat
pajanan sebesar 100 μg/m3 . Percobaan pada manusia menyatakan bahwa kadar NO2 sebsar 250 μg/m3
dan 500 μg/m3 dapat mengganggu fungsi saluran pernafasan pada penderita asma
dan orang sehat.
e. Hidrokarbon (HC)
Hidrokarbon berasal dari hasil pembakaran tidak
sempurna dari bahan bakar yang mengandung unsur karbon. Hidrokarbon di udara
akan bereaksi dengan bahan-bahan lain dan akan membentuk ikatan baru yang
disebut “Plycyclic Aromatic Hidrocarbon”
(PAH) yang banyak dijumpai di daerah industri dan padat lalu lintas. Bila PAH
ini masuk dalam paru-paru akan menimbulkan luka dan merangsang terbentuknya
sel-sel kanker.
f. Partikulat debu
Partikel debu sering diistilahkan sebagai “Total Suspended Particulated (TSP)”.
Dapat berupa debu atau abu yang biasanya berasal dari penggunaan bahan bakar
batu bara pada kereta api yang menimbulkan jelaga. Pada umumnya ukuran
partikulat debu sekitar 5 mikron merupakan partikulat udara yang dapat langsung
masuk ke dalam paru-paru dan mengendap di alveoli. Keadaan ini bukan berarti
bahwa ukuran partikulat yang lebih besar dari 5 mikron tidak berbahaya, karena
partikulat yang lebih besar dapat mengganggu saluran pernafasan bagian atas dan
menyebabkan iritasi.
Pada daerah tertentu dapat mengurangi visibilitas
pada perjalanan dan dapat menghambat proses fotosintesis pada tumbuhan apabila
terdapat banyak debu yang menempel pada daun.
Jumlah Gas-gas
yang Dihasilkan Kendaraan
a. Tabel jumlah emisi kendaraan pada hari kerja, (kamis 13 juni 2013)
Faktor
emisi menurut Kusuma (2009) dapat didefinisikan sebagai sejumlah berat tertentu
polutan yang dihasilkan oleh terbakarnya sejumlah bahan bakar selama kurun
waktu tertentu. Definisi tersebut dapat diketahui bahwa jika faktor emisi suatu
polutan diketahui, maka banyaknya polutan yang lolos dari proses pembakaran
dapat diketahui jumlahnya persatuan waktu. Guttikunda (2008) mendefinisikan
faktor emisi sebagai pelepasan polutan karena pembakaran bahan bakar dengan
satuan g/km, ditentukan berdasarkan kondisi kendaraan, misalnya pada saat
kendaraan memuat dan membongkar barang, saat berhenti, mulai melaju ketika
mesin masih dingin, dan sedang melaju. Faktor emisi dari
masing-masing emisi gas buang kendaraan berdasarkan jenis kendaraan adalah :
Bahan bakar
|
Jenis kendaraan
|
Jenis emisi gas buang kendaraan (g/km)
|
|||
NOx
|
CO
|
CO2
|
HC
|
||
Bensin
|
Kendaraan roda dua
|
0,15
|
2,50
|
40,00
|
1,50
|
Mobil penumpang
|
0,20
|
5,00
|
200,00
|
1,00
|
|
Solar
|
Mobil penumpang
|
1,25
|
2,00
|
250,00
|
0,40
|
Mobil barang
|
10,00
|
3,50
|
850,00
|
1,00
|
|
Bis
|
10,00
|
3,50
|
850,00
|
1,00
|
|
Gas alam
|
Mobil penumpang
|
0,20
|
1,00
|
100,00
|
0,20
|
Mobil barang
|
3,50
|
3,50
|
450,00
|
0,10
|
|
Bis
|
2,50
|
3,50
|
450,00
|
0,10
|
1) Tabel perhitungan emisigas
bangan kendaraan pada hari kerja (kamis) 13 juni 2013
Waktu
|
Jenis kendaraan
|
Nilai ambang batas
|
Jumlah kendaraan
|
Jumlah emisi (gram/km)
|
||
CO
|
HC + NOx
|
CO
|
HC + NOx
|
|||
06.00-08.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
2481
|
6202.5
|
4093.65
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
749
|
3745
|
898.8
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
14
|
49
|
154
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
890
|
4450
|
1068
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
79
|
276.5
|
869
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
76
|
266
|
836
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
85
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
4374
|
14989
|
7918.8
|
|||
11.00-13.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
1089
|
2722.5
|
1796.85
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
997
|
4985
|
1196.4
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
5
|
17.5
|
55
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
710
|
3550
|
852
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
129
|
451.5
|
1419
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
104
|
364
|
1144
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
16
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
3050
|
12090.5
|
6463.25
|
|||
16.00-18.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
2612
|
6530
|
4308.8
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
486
|
2430
|
583.2
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
8
|
28
|
88
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
233
|
1165
|
279.6
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
101
|
353.5
|
1111
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
93
|
325.5
|
1023
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
5
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
3538
|
10832
|
7939.6
|
2) Tabel jumlah
emisi kendaraan pada hari libur (minggu, 16 juni 2013)
Waktu
|
Jenis kendaraan
|
Nilai ambang batas
|
Jumlah kendaraan
|
Jumlah emisi (gram/km)
|
||
CO
|
HC + NOx
|
CO
|
HC + NOx
|
|||
06.00-08.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
2721
|
6802.5
|
4489.65
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
975
|
4875
|
1170
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
20
|
70
|
220
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
308
|
1540
|
369.6
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
154
|
539
|
1694
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
94
|
329
|
1034
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
49
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
4321
|
14155.5
|
8977.25
|
|||
11.00-13.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
3824
|
9560
|
6309.6
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
819
|
4095
|
982.8
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
11
|
38.5
|
121
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
252
|
1260
|
302.4
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
157
|
549.5
|
1727
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
115
|
402.5
|
1265
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
15
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
5193
|
15905.5
|
10707.8
|
|||
16.00-18.00
|
Motor
|
2.50
|
1.65
|
1356
|
3390
|
2237.4
|
Mini bus (mobil pribadi)
|
5.00
|
1.20
|
921
|
4605
|
1105.2
|
|
Bus
|
3.50
|
11.00
|
5
|
17.5
|
55
|
|
Angkutan
|
5.00
|
1.20
|
195
|
975
|
234
|
|
Truk
|
3.50
|
11.00
|
134
|
469
|
1474
|
|
Trailer
|
3.50
|
11.00
|
105
|
367.5
|
1155
|
|
Sepeda,
becak, delman
|
0
|
0
|
13
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
2729
|
9854
|
6260.6
|
Faktor-faktor yang menyebabkan kepadatan Kota
Tasikmalaya
Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk disuatu daerah per satuan luas.
Dalam demografis, dikenal dengan kepadatan penduduk fisiologis dan kepadatan
penduduk agaris:
a.
Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara jumlah penduduk
total dengan luas lahan pertanian
b. .Kepadatan
penduduk agraris adalah perbandingan jumlah penduduk petani dan luas lahan
pertanian.
Faktor-faktor yang menyebabkan kepadatan penduduk
di Kota Tasikmalaya di antaranya:
a.
Faktor iklim dan topografi, iklim yang nyaman topografi yang relative
landai menyebabkan penduduk terkonsentrasi dan menjadi padat.
b. Faktor ekonomi,
yang termasuk faktor ekonomi adalah tersedianya sumber daya alam, tersedianya
lapangan kerja.
c.
Faktor sosial budaya, yang termasuk factor sosial budaya adalah kesempatan
untuk meneruskan pendidikan, keterbukaan masyarakat. Selain itu daerah yang
relative aman akan selalu jadi pemukiman yang padat.
Pada siang hari tingkat kepadatan
populasi lebih tinggi dibandingkan dengan malam hari. Hal ini disebabkan karena aktivitas masyarakat
lebih banyak dilakukan pada siang hari, sedangkan malam hari digunakan untuk
beristirahat
Upaya Untuk Mereduksi Gas Berbahaya yang Dihasilkan
oleh Kendaraan
Untuk menanggulangi pencemaran udara akibat
kendaraan bermotor di sekitar jalan raya yang padat, dapat ditanami pepohonan
yang memiliki banyak daun agar proses fotosintesis oleh tumbuhan di siang hari
dapat menyerap karbondioksida dengan lebih banyak.
Pada proses
fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan menghasilkan C6H12O6 serta O2 yang
sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat
diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu
berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi
untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.
Setiap tahun
tumbuh-tumbuhan di bumi ini mempersenyawakan sekira 150.000 juta ton CO2 dan
25.000 juta ton hidrogen dengan membebaskan 400.000 juta ton oksigen ke
atmosfer, serta menghasilkan 450.000 juta ton zat-zat organik. Setiap jam 1 ha
daun-daun hijau menyerap 8 kg CO2 yang ekuivalen dengan CO2 yang diembuskan oleh
napas manusia sekira 200 orang dalam waktu yang sama. Setiap pohon yang ditanam
mempunyai kapasitas mendinginkan udara sama dengan rata-rata 5 pendingin udara
(AC), yang dioperasikan 20 jam terus menerus setiap harinya. Setiap 93 m2
pepohonan mampu menyerap kebisingan suara sebesar 8 desibel, dan setiap 1 ha
pepohonan mampu menetralkan CO2 yang dikeluarkan 20 kendaraan. (Zoer’aini
Djamal Irwan,1996).
Selain itu,
sebenarnya banyak yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan akibat
pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Namun hanya sedikit
yang mau menerapkannya karena kurangnya kesadaran akan lingkungan. Yang perlu
diperbaiki sebenarnya adalah manusia yang melakukan pencemaran udara itu
sendiri. Kesadaran akan lingkungan yang kurang menyebabkan manusia itu tidak
mau tahu akan kerusakan lingkungan yang dilakukannya. Namun terlepas dari semua
itu apabila ada kesadaran akan lingkungan, sebenarnya ada beberapa usaha yang
dapat dilakukan guna mengurangi dampak dari pencemaran udara itu sendiri yang
diantaranya adalah:
a) Usaha dari Pihak
Pemerintah dan Dinas Perhubungan:
·
Pemberian keringanan pajak untuk bea-impor conversion kit, sehingga
harga jualnya dapat ditekan dan terjangkau oleh masyarakat.
·
Penerbitan surat intruksi agar diadakan penelitian pengembangan bahan bakar
nabati (BBN) yang lebih intensif oleh intansi-intansi bidang energi.
·
Penerbitan surat keputusan mengenai jumlah kendaraan bermotor yang
diperbolehkan diproduksi di Indonesia dan masing-masing daerah.
·
Penarikan dan pembatasan mobil dinas pribadi dan pengadaan bus-bus angkutan
bagi pegawai negeri sipil di masing-masing intansi guna menekan jumlah
kendaraan bermotor.
·
Melakukan perluasan jalan raya agar tidak terjadi kemacetan, karena dalam
kemacetan emisi buang kendaraan bermotor relatif tinggi.
b) Usaha dari Pihak
Masyarakat
·
Hindari pemakaian kendaraan bermotor apabila dapat ditempuh dengan jalan
kaki (ke mesjid misalnya).
·
Lakukan perawatan terhadap kendaraan bermotor anda agar mesinnya tetap
berfungsi baik dan dapat melakukan pembakaran dengan sempurna dan memasang
filter atau “catalyst kit” yang
dianjurkan pada knalpot
·
Mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu dan mempergunakan
kendaran bermotor.
c) Usaha dari Pihak
Swasta (Produsen Kendaraan Bermotor)
·
Memasang filter atau “catalyst kit” pada
kendaraan yang diproduksi.
·
Pengurangan kapasitas mesin agar pembakaran lebih sedikit, efisien dan
hemat BBM.
Status emisi karbon global pada 2007 adalah 8
milyar ton per tahun.Tanpa ada upaya untuk menguranginya, pada tahun 2057 akan
mencapai 16 milyar ton per tahun. Berarti menaikan suhu bumi 5 derajat
celcius.Jika kita menjalankan 8 strategi di atas maka suhu bumi naik 3 derajat.
Jika menjalankan 12 strategi maka suhu bumi hanya naik 2 derajat, batas aman
kenaikan suhu bumi yang tidak ingin dilampaui oleh para ilmuwan.Idealnya tentu
menjalankan ke 15 strategi tersebut sehingga kenaikan suhu bumi berada di bawah
2 derajat.
H.
Kesimpulan
Kota Tasikmalaya,
khususnya daerah Bypass merupakan kawasan yang kepadatan lalu lintasnya relatif
padat. Kepadatan terutama terjadi pada pagi
dan sore hari baik hari libur ataupun hari kerja. Gas-gas buang hasil pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor
memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Bahkan ada diantaranya yang bersifat
racun dan membahayakan kesehatan. Ada banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mereduksi gas-gas yang
berbahaya diantaranya dengan menanam pepohonan di pinggir jalan.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
(2011). Bab II Tinjauan Pusataka.
[Online]. Tersedia : babIItinjauanpustaka.html. [19 juni 2013].
Anonim.
(2012). Pencemaran udara. [Online].
Tersedia :
http://id.wikipedia.org/wiki/pencemaran_udara.[ 18 juni 2013].
Groups,
google.(2010).Emisi karbon personal, cara
menghitung emisi karbon. [Online]. Tersedia :
https://groups.google.com/forum/?fromgroups#!topic/greenlifestyle/KIDNHdkf_Kg
.[18 juni 2013]
Haniifiyah.
(2012). Dampak Kepadatan Populasi
Manusia. [online]. Tersedia : http://haniifiyyah.blogspot.com/2012/06/dampak-kepadatan-populasi-manusia.html.[18 juni 2013].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar