Selasa, 19 Februari 2013

KKN hari keempat



KKN hari ke-4
Pada pagi hari kami kelompok 34 mengkuti kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekitar jam 5 pagi temen saya ci om brew hee (dwi) sudah au menghapal untuk prakata pada sambutan hahah.




Namun sayang seribu sayang ada kendala hambatan ketika temen saya itu tidak jadi tampil heeh. Kami

KKN hari ketiga


KKN hari ke- 3
04-02-2013                                                              08.00
Hari inikami kel 34 melakukan kegiatan sosialisasi atau kunjungan ke SMP N 2 Pancatengah. Disini kami melakukan upacara benderaa, juga ketua kordres kami resa mendapat kesempatan jadi pembina upacara.
                        

KKN hari kedua




KKN hari ke-2
Selamattt pagiiiii hehehehehee
Setelah makan plus mandi kita kel 34 pergi sosialisasi ke wargaaa, lumayann rameeee juga capee hahahhah.   



 Sempett juga kita ngebasoo, mantapp gratisssss lagii hahahahahah, kita juga pergi sosialisasi ke kantor Desa Cibuniasihh ko. 


Nah ni foto aku ma gilang di kantor desa


 Ohh iyaaa kita juga sempet ke rumah pak Kades Cibuniashh, kita ngobroll-ngobrolll aja disana mengenaii program kita. Di perjalanan akuu liat bung ateratai indahh bangettt hahha



 








Harii keduaaaampai di sinii heheheheh

KKN hari pertama

KKN hari ke- 1
        Hari pertama KKN kita kelompok 34  terdiri atass orang-orangg superrr hahah yaitu ani, anik, delis, dian, dwi, emi, fajar, ferry, gilang, ita, zam-zam, kastiwi, resa, risa, siti aisah, tsalis, ai yani, cucu, siti irma, dan aa jalal kumpul di unsil tercinta hahahahaha….. ini dia karakter merekaaaa :
Nahhhh law cewe aku gak begitu tahuuu jadi ku smple aja mereka semua friendly kok ahhaha. Nah ni krakter cowo :

Senin, 18 Februari 2013

Survey ke Cibuniasih

Survey KKN 2013 kelompok 34 Desa Cibuniasih kecamatan Pancatengah

Assalamualaikum warahmatuloh wabarokatuh

Mett malem sobatt blogger semuaa. Kali ini ferry akan share cerita survey KKN ke Cibuniasih.
Cerita ini dimulai tanggal 24 Januari 2013, ketik itu sekitar jam 08.30 pagi kelompok 34 berkumpul di aula gedung mandala di Universitas Siliwangi. Apa yang ada di benak ferry khususnya mengenai keadaaan infrastruktru jalan pada saat perjalanan survey menuju Desa Cibuniasih adalah jalan terjal yang memang sebagian keadaan jalan pedesaan di daerah kabupaten tasikmalaya rusak.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BERBASIS POTENSI

Materi selanjutnya adalah PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BERBASIS POTENSI 
Materi ini disampaikan oleh : Drs. AAM, M, Hidayat, MM.

Pengertian pemberdayaan masyarakat adalah suatu proses pertumbuha dan perkembangan kekuatan masyarakat untuk ikut terlibat dalam berbagai aspek pembangunan di suatu wilayah.
Pendekatan memberdayakan masyarakat ada 3 :

filosofi kuliah kerja nyata



Materi diklat kedua adalah tentang filosofi kuliah kerja nyata
Pematerinya adalah Prof. Dr. Deden Mulyana, SE., Msi.  


KKN merupakan bagia integral dari proses pendidikan yang mempuyai ciri-ciri khusus pada sistem, sistem penyelenggaraan, memerlukan landasan idiil yang secara filosofis akan mberikan gambaran serta pengertian yang utuh tentang apa, bagaimna, serta untuk apa kuliah kerja nyat it diselenggarakan.
KKN memiliki 5 aspek yang berniai fundamental dan berwawasan filosofis yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya:
1.      Keterpaduan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
KKN merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukn dharma pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam suau kegiatan.
2.      Pendekatan interdisipliner dan kopeherensif
KKN merupakan pengamalan ilmu yang menutun mahasiswa kepada pola berfikir interdisiplin dan kopeherensif.  KKN bertolak dari permasalahan nyata dari masyarakat, yang disekati dengan menggunaan segala macam ilmu pengetahuan, dan teknlogi serta seni yang sudahatau sedang dipelajari.
3.      Lintas Sektoral
Keterpaduan dalam melaksanakan proses pembangunadi Indonesia oleh bragam sektor yang ada merupakan prinsip yang penting
4.      Dimensi Luas dan Kepragmatisan
Modal KKN bukan hanya ilmu yangdpelajarinya secara ormal di perguruan tinggi, tetapi uga segala pengetahuan, pengalaman, dan intelegensi yang dimiliki oleh mahasiswa.
5.      Keterlibatan Masyarakan secara Aktif
Di dalam melaksanakan KKn harus terjalin kerjasama serta keterluibatan yag baik anatara mahasiswa dan masyarakat sejak proses pengumpulan data dan informasi, analisisi situasi, indentifikasi masalah, perumusam program dan perencanaan kerja, serta pelaksanaan dan evaluasi hasilnya.

Pengertian Kuliah Kerja Nyata : suatu kegiatan perkuliahan intrakuliuler dalam bentuk pengabdian keepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner dan lintas sektoral.
Tujuan KKN : diarahka dalam 3 aspek utama yang meliputi pengembangan kepribadian mahasiswa,pengembangan kelembagaaan, pengembangan masyarakat.
Manfaat KKN :
1.      Mahasiswa
Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa dalam cara berfikir dan bekeja secara interdisipliner dan lintas sosial.
2.      Perguruan Tinggi
Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang berharga, yang dapat digunakan sebagai contoh dalam pendidikn
3.      Masyarkat
Memperoleh tenaga dan fikiran untuk merencanakan serta melaksanakan proyek pembangunan.

KKN tematik adalah KKN yang orientasi program kegiatan terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalaha kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselengggarakan pemerintah pada  wilayah tertentu (kabupaten/kota).
Salah satu tujuan kkn tematik adalah terinteggrasiakn Perguruan Tinggi, Pemerintah, dan asyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diklat KKN


Tema KKN Unsil 2013 kali ini adalah “ Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Tematik Untuk Mendukung Peninkatan IPM Kabupaten Tasikmalaya “
Pada awal sesi diadakan beberapa sambutan diantaranya oleh Bpk Rektor Unsil dan Bpk Bupati Kab Tasikmalaya


Materi kegiatan Diklat yang pertama adalah tentang Kebijaka Umum Kabupaten Tasikmalaya. Materi ini disampaikan oleh pak Alfian dengan jabatan sda II.
Tasikmalaya berasal dari bahasa sunda yang berasal dari kata  tasik (keusik / pasir), laya (ngalayah). Tasimalaya berarti keusik ngalayah. Hal ini menggambarkan Tasikmalaya setelah setelah gunung-gunung menghamburkan lahar dan pasir kemana-mana, sehigga daerah tasikmalaya menjadi hmaparan pasir yang luas (keusik ngalayah).
Disela sela pembicaraaan beliau mengharapkan agar mahasiswa mampu berdiskusi dengan masyarakat dan menanamkan rasa cinta kepada tanah air). Tenanggg Pancatengah masih masuk kedalam wialyah RI ahahaha ku ketawa ngakak………
Di INDONESIA IPM (Indeks Pembangan Manusia) diantara negara-negara asia tenggara masih berada di urutan no 12. Hal ini dihitung dari rata-rata lama sekolah, sehingga SDM indonesia rendah. Masalah utama ada di pedesaan, karena kesejahteraan masyarakat pedesaan masih relatif rendah.
Luas kabupaten tasikmalaya sekitar 2.563.35 KM, memiliki 39 Kecamatan, 351 Desa, 9638 RT. Kultur masyarakat Kab Tasikmalaya adalah masyarakat Religius. http://aa-tasikmalaya.blogspot.com/2009/12/profil-kabupaten-tasikmalaya_5977.html
Kabupaten tasikmalaya mempunyai Visi : “ Tasikmalaya yang mandiri/islami, unggul dibidang agribisnis, dan dimanapun ada berada pasti ada kegiatan keagamaan ”.
MISI
1.     Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaqul karimah
            2.     Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri.
3.     Mewujudkan kepemerintahan yang baik dan pemerintahan  yang  bersih
4.     Mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan agribisnis dengan didukung oleh sektor lain
5.     Mewujudkan tata ruang dan pengelolaan pertanahan yang berkesinambungan berwawasan lingkungan
Sumber KLIK disi