blog ini berisi tentang berbagai kumpulan pelajaran biologi baik universitas atau SMA juga berisi hal tutoria blog
Selasa, 19 Februari 2013
KKN hari kedua
KKN
hari ke-2
Selamattt pagiiiii hehehehehee
Setelah makan plus mandi kita kel 34
pergi sosialisasi ke wargaaa, lumayann rameeee juga capee hahahhah.
Sempett juga kita ngebasoo, mantapp
gratisssss lagii hahahahahah, kita juga pergi
sosialisasi ke kantor Desa Cibuniasihh ko.
Nah ni foto aku ma gilang di kantor desa
Ohh
iyaaa kita juga sempet ke rumah pak Kades Cibuniashh, kita ngobroll-ngobrolll
aja disana mengenaii program kita. Di perjalanan akuu liat bung ateratai indahh
bangettt hahha
Harii keduaaaampai di sinii heheheheh
KKN hari pertama
KKN
hari ke- 1
Hari pertama KKN kita kelompok 34 terdiri atass orang-orangg superrr hahah yaitu
ani, anik, delis, dian, dwi, emi, fajar, ferry, gilang, ita, zam-zam, kastiwi,
resa, risa, siti aisah, tsalis, ai yani, cucu, siti irma, dan aa jalal kumpul
di unsil tercinta hahahahaha….. ini dia karakter merekaaaa :
Nahhhh law cewe aku gak begitu tahuuu
jadi ku smple aja mereka semua friendly kok ahhaha. Nah ni krakter cowo :
Senin, 18 Februari 2013
Survey ke Cibuniasih
Survey KKN 2013 kelompok 34 Desa Cibuniasih kecamatan
Pancatengah
Assalamualaikum warahmatuloh wabarokatuh
Mett malem sobatt blogger semuaa.
Kali ini ferry akan share cerita survey KKN ke Cibuniasih.
Cerita ini dimulai tanggal 24
Januari 2013, ketik itu sekitar jam 08.30 pagi kelompok 34 berkumpul di aula
gedung mandala di Universitas Siliwangi. Apa yang ada di benak ferry khususnya
mengenai keadaaan infrastruktru jalan pada saat perjalanan survey menuju Desa
Cibuniasih adalah jalan terjal yang memang sebagian keadaan jalan pedesaan di
daerah kabupaten tasikmalaya rusak.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BERBASIS POTENSI
Materi
selanjutnya adalah PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT DESA BERBASIS POTENSI
Materi
ini disampaikan oleh : Drs. AAM, M, Hidayat, MM.
Pengertian pemberdayaan masyarakat
adalah suatu proses pertumbuha dan perkembangan kekuatan masyarakat untuk ikut
terlibat dalam berbagai aspek pembangunan di suatu wilayah.
Pendekatan memberdayakan masyarakat ada 3 :
filosofi kuliah kerja nyata
Materi diklat kedua adalah tentang filosofi kuliah kerja nyata
Pematerinya adalah Prof. Dr. Deden
Mulyana, SE., Msi.
KKN merupakan bagia integral dari
proses pendidikan yang mempuyai ciri-ciri khusus pada sistem, sistem
penyelenggaraan, memerlukan landasan idiil yang secara filosofis akan mberikan
gambaran serta pengertian yang utuh tentang apa, bagaimna, serta untuk apa
kuliah kerja nyat it diselenggarakan.
KKN memiliki 5 aspek yang berniai fundamental dan berwawasan
filosofis yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya:
1.
Keterpaduan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
KKN
merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukn dharma pendidikan dan pengajaran,
penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dalam suau kegiatan.
2.
Pendekatan interdisipliner dan kopeherensif
KKN
merupakan pengamalan ilmu yang menutun mahasiswa kepada pola berfikir
interdisiplin dan kopeherensif. KKN
bertolak dari permasalahan nyata dari masyarakat, yang disekati dengan
menggunaan segala macam ilmu pengetahuan, dan teknlogi serta seni yang
sudahatau sedang dipelajari.
3.
Lintas Sektoral
Keterpaduan
dalam melaksanakan proses pembangunadi Indonesia oleh bragam sektor yang ada
merupakan prinsip yang penting
4.
Dimensi Luas dan Kepragmatisan
Modal
KKN bukan hanya ilmu yangdpelajarinya secara ormal di perguruan tinggi, tetapi
uga segala pengetahuan, pengalaman, dan intelegensi yang dimiliki oleh
mahasiswa.
5.
Keterlibatan Masyarakan secara Aktif
Di
dalam melaksanakan KKn harus terjalin kerjasama serta keterluibatan yag baik
anatara mahasiswa dan masyarakat sejak proses pengumpulan data dan informasi,
analisisi situasi, indentifikasi masalah, perumusam program dan perencanaan
kerja, serta pelaksanaan dan evaluasi hasilnya.
Pengertian Kuliah Kerja Nyata : suatu
kegiatan perkuliahan intrakuliuler dalam bentuk pengabdian keepada masyarakat
yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner dan lintas sektoral.
Tujuan
KKN : diarahka dalam 3 aspek utama yang meliputi pengembangan kepribadian
mahasiswa,pengembangan kelembagaaan, pengembangan masyarakat.
Manfaat KKN :
1.
Mahasiswa
Memperdalam
pengertian dan penghayatan mahasiswa dalam cara berfikir dan bekeja secara
interdisipliner dan lintas sosial.
2.
Perguruan Tinggi
Tenaga
pengajar memperoleh berbagai kasus yang berharga, yang dapat digunakan sebagai
contoh dalam pendidikn
3.
Masyarkat
Memperoleh
tenaga dan fikiran untuk merencanakan serta melaksanakan proyek pembangunan.
KKN tematik adalah KKN yang orientasi
program kegiatan terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalaha
kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselengggarakan pemerintah
pada wilayah tertentu (kabupaten/kota).
Salah
satu tujuan kkn tematik adalah terinteggrasiakn Perguruan Tinggi, Pemerintah,
dan asyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Diklat KKN
Tema KKN Unsil 2013 kali ini adalah
“ Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKN Tematik Untuk Mendukung Peninkatan IPM
Kabupaten Tasikmalaya “
Pada awal sesi diadakan beberapa
sambutan diantaranya oleh Bpk Rektor Unsil dan Bpk Bupati Kab Tasikmalaya
Materi kegiatan Diklat yang pertama
adalah tentang Kebijaka Umum Kabupaten Tasikmalaya. Materi ini disampaikan oleh
pak Alfian dengan jabatan sda II.
Tasikmalaya berasal dari bahasa
sunda yang berasal dari kata tasik (keusik
/ pasir), laya (ngalayah). Tasimalaya berarti keusik ngalayah. Hal ini
menggambarkan Tasikmalaya setelah setelah gunung-gunung menghamburkan lahar dan
pasir kemana-mana, sehigga daerah tasikmalaya menjadi hmaparan pasir yang luas
(keusik ngalayah).
Disela sela pembicaraaan beliau
mengharapkan agar mahasiswa mampu berdiskusi dengan masyarakat dan menanamkan
rasa cinta kepada tanah air). Tenanggg Pancatengah masih masuk kedalam wialyah RI ahahaha ku ketawa
ngakak………
Di INDONESIA IPM (Indeks Pembangan
Manusia) diantara negara-negara asia tenggara masih berada di urutan no 12. Hal
ini dihitung dari rata-rata lama sekolah, sehingga SDM indonesia rendah.
Masalah utama ada di pedesaan, karena kesejahteraan masyarakat pedesaan masih
relatif rendah.
Luas kabupaten tasikmalaya sekitar
2.563.35 KM, memiliki 39 Kecamatan, 351 Desa, 9638 RT. Kultur masyarakat Kab
Tasikmalaya adalah masyarakat Religius. http://aa-tasikmalaya.blogspot.com/2009/12/profil-kabupaten-tasikmalaya_5977.html
Kabupaten tasikmalaya mempunyai Visi
: “ Tasikmalaya yang mandiri/islami, unggul dibidang agribisnis, dan dimanapun
ada berada pasti ada kegiatan keagamaan ”.
MISI
1. Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman
dan bertaqwa serta berakhlaqul
karimah
2.
Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri.
3. Mewujudkan kepemerintahan yang baik dan
pemerintahan yang bersih
4. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui
pengembangan agribisnis dengan didukung oleh sektor lain
5. Mewujudkan tata ruang dan pengelolaan pertanahan
yang berkesinambungan berwawasan lingkungan
Sumber KLIK disi