Sabtu, 04 Agustus 2012

deskripsi gnetum gnemon/melinjo





 Gymnospermae
Merupakan tumbuhan  yang kita kenal sebagai  tumbuhan biji terbuka. Pada umumnya merupakan tumbuhan berkayu. Bunganya terdiri atas mikrospofil dsn megasporofil. Mikrosporofil  yaitu alat kelamin jantan, dapat kita samakan dengan benang sari. Mikrosporofil menghasilkan mikrospora atau serbuk sari. Megasporofil yatiu alat kelain betina dapat disamakan dengan putik menghsilkan megaspora yaitu kantung embrio. Megsporofil dan mikrosporofil terdapat dalam stobilus.
Tentunya mengapa disebut gymnos karena bijinya tidak ditutpi oleh carpellum yatiu daun buah. 


Gnetum gnemon
(Melinjo)
                   Klasifikasi




    








 







 
a.     Flos Masculus                                    


 


 b. Flos Fuminus

Habitus            :  Gnetum gnemon adalah pohon berkayu, dengan tinggi 5-10 m.
Akar                :  Tumbuhan ini memiliki sistem perakaran tunggang       
                            ( radix primaria ).
Batang       : Percabangan batangnya adalah simpodial dengan bentuk batang    bulat (teres). Berwaarna hijau kehitam hitaman.
Daun           :  Daun Gnetum gnemon  merupakan daun tidak lengkap, hanya terdiri dari lamina dan petioles. Daun berupa daun tunggal tanpa stipula.Bentuk helaian daun bulat memanjang ( oblongus ), Ujung daun meruncing (acuminatus), pangkal daaun meruncing (acuminatus), tepi daun rata ( integer),  tulang daun menyirid (penninervis). Dengan duduk daun berhadapan (folia opposita). Jika daunnya disobek terdapat serabut-serabut yang halus.
Bunga             :  Bunganya merupakan bunga unisexualis dioecus, tersusun  dalam   bulir (spica), letak bunga terdapat pada ketiak daun dengan percabangan dichasium. Gnetum gnemon tidak memiliki perhiasan bunga. Pada bunga jantan terdapat stamen dan diatasnya terdapat ovulum-ovulum yang steril. Pada bunga betina terdapat ovulum-ovulum yang fertile. Pada bunga nya juga terdapat brachtea.
Bij                : Gnetum gnemon memiliki biji yang dilindungi oleh selaput. Selaput keras yang paling luar disebut integumen luar. Selaput dalam yang lembut disebut integument dalam dan selaput tengah disebut integumen tengah. Biji yang masih muda berwarna hijau dan jika sudah matang berwarna merah.









Description: deskripsi gnetum gnemon/melinjo Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: deskripsi gnetum gnemon/melinjo

0 komentar:

Poskan Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Attention...!!!

Ada yang baru nih... Apa..?
View this Status Via SM

Blogger templates

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Best Partner

Sumber : http://ferrydwirestuhendra.blogspot.com

Copyright © 2012. Hidup Untuk Belajar - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz