Senin, 28 Januari 2013

Optimasi SEO Blogger Melalui Pengaturan Fitur Robots Header Tags



OptimasiSEO Blogger Melalui Pengaturan Fitur Robots Header Tags


Bismillahirrahmanirrahim...

MULTI PASTE - Sejak blogger menambahkan fitur Search Preferences yang terdapat pada halaman dashboard, maka Optimasi SEO Blog yang berplatform blogger menjadi semakin mudah dan flexibel.  Optimasi SEO tidak lagi sepenuhnya bergantung pada pengaturan meta tag yang terdapat pada Dokumen HTML Template.
Read More >>

Anda dapat mengoptimalkan SEO blogger melalui menu Settings >> Search Preferences, pada bagian ini ada beberapa fitur penting yang harus Anda konfigurasi, sebagian pengaturan fitur Search Preferences ini sudah saya publikasikan pada artikel sebelumnya yang membahas trik Optimasi Penulisan Artikel Agar Terindeks Akurat di Search Engine.  Pada postingan ini akan saya share pengaturan pada sub item Crawler and Indexing, item ini merupakan bagian dari fitur Search Preferences, jika fitur ini diaktifkan akan ada warning yang memberikan paringatan bahwa "jika salah melakukan pengaturan pada fitur ini, maka blog Anda tidak akan terindex dan diabaikan oleh Search Engine" tetapi jangan khawatir, tidak ada pengaturan rumit dan mengerikan pada fitur ini.

Fitur Crawler and Indexing ini terbagi dalam dua bagian yaitu pengaturan file robots.txt dan pengaturan robots header tags.  Anda dapat mengelola pengaturan robots header tags untuk mengoptimalkan SEO halaman Blogger yang mencakup halaman posting, homepage, arsip dan halaman pencarian dengan mudah melalui klik mouse.  Untuk pengaturan file robots.txt akan saya publikasikan dalam artikel terpisah.

Mengatur Fitur Robots Header Tags Blogger

Fitur ini memungkinkan Anda mengontrol bagaimana setiap halaman harus diindeks dan disajikan kepada pengguna oleh mesin pencari.  Berikut ini adalah contoh pengaturan sederhana seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini :
  •       Login ke bloger dengan ID Anda
  •       Pada halaman dashboard Blogger klik menu Settings ->> Search preferences ->> Crawler and indexing ->> Custom robots header tags klik link Edit.

Pengaturan yang direkomendasikan di atas akan memberitahu mesin pencari untuk mengindeks blog Anda dan seluruh isinya, mengindeks posting Anda beserta halaman homepage tetapi tidak harus mengindeks arsip dan juga tidak mengizinkan User-agent Open Directory Project (noodp) untuk mengcrawl blog Anda.

Memahami Option Fitur Robots Header Tags Blogger

Anda dapat melakukan pengaturan fitur robots header tags ini ke tingkat advance, namun sebelumnya harus dipahami maksud dari penggunaan option ini, berikut ini adalah pengertian sederhana dari option yang terdapat pada fitur robots header tags blogger
  •      All
Meperbolehkan search engine untuk mengindeks seluruh halaman dan isi blog.
  •       Noindex
Tidak mengizinkan search engine untuk menampilkan halaman ini dalam hasil pencarian serta tidak menunjukkan "Cached" link dalam hasil pencarian.
  •       Nofollow
Tag ini  tidak mengizinkan search engine untuk mengikuti link di halaman ini.
  • None
Tag ini memiliki nilai yang setara dengan tag noindex, nofollow.
  • Noarchive
Tidak mengizinkan search engine untuk menunjukkan "Cached" link dalam hasil pencarian.
  • Nosnippet
Search engine tidak diizinkan untuk menunjukkan potongan deskripsi dalam hasil pencarian untuk halaman ini.
  •      Noodp
Tag ini tidak mengizinkan search engine menggunakan metadata dari Open Directory Project untuk judul atau potongan yang ditampilkan untuk halaman ini.
  •       Notranslate
Search engine tidak diizinkan untuk menawarkan terjemahan dari halaman ini dalam hasil pencarian.
  •       Noimageindex
Gambar yang terdapat pada halaman ini, tidak diizinkan untuk diindex oleh search engine.
  •       Unavailable after :
Halaman tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian setelah tanggal/waktu yang ditentukan.  Tanggal/waktu harus ditetapkan dalam format RFC 850.
Pembahasan ini hanyalah berupa tips standart yang direkomendasikan oleh beberapa Master SEO untuk mengoptimalkan SEO Blogger, atau jika Anda memiliki pendapat lain mungkin kita dapat saling bertukar informasi agar blog yang kita bangun bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine.  Akhirnya saya mengucapkan Alhamdulillah jika postingan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.
Description: Optimasi SEO Blogger Melalui Pengaturan Fitur Robots Header Tags Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Optimasi SEO Blogger Melalui Pengaturan Fitur Robots Header Tags

0 komentar:

Poskan Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Attention...!!!

Ada yang baru nih... Apa..?
View this Status Via SM

Blogger templates

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Best Partner

Sumber : http://ferrydwirestuhendra.blogspot.com

Copyright © 2012. Hidup Untuk Belajar - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz