Jumat, 13 September 2013

Khasiat buah srikaya

                                                                             Khasia Buah Srikaya

Malem sobat blogger semua. kali ini saya akn share khasiat ba srikaya. bua dengan nama  latin Annona Squamosa iniBuah yang asal nya dari Hindia Barat ini selain rasanya yang manis ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang banyak. Di antaranya untuk mengobati penyakit kulit, gangguan dalam pencernaan, dan lain-lain.
 
buah srikaya
srikaya
Buah yang memiliki rasa manis ini merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di pekarangan, dan bahkan tanpa di tanam atau
dibiarkan saja tanaman ini juga akan bisa hidup asal terkena sinar matahari yang cukup.

Buah yang memiliki nama ilmiah Annona squamosa ini memiliki ciri-ciri buah berbentuk bulat dan memiliki sisik atau tonjolan di bagian kulitnya seperti buah sirsak, daging buahnya putih, dan rasanya manis. Buah srikaya ini akan mulai berbuah setelah berusia 3-5 tahun dan bisa mencapai ketinggian kurang lebih 8 meter.

Bukan hanya pada daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan akan tetapi hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dipakai mulai dari daun, buah, biji, akar, hingga kulit kayu nya.

Berikut beberapa manfaat buah srikaya bagi kesehatan
  1. DaunDaun srikaya memiliki sifat dingin serta rasanya pahit dan sepet. Bisa digunakan untuk mengobati rematik, batuk, demam, diare, cacingan, disentri, menghilangkan kutu pada kepala, menyembuhkan borok, luka, bisul atau abses, scabies, eksema, dan kudis.
  2. Buah
    Buahnya yang masih muda ternyata mengandung tannin yang bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguang pencernaan, dan disentri yang sudah akut.
  3. Biji
    Biji buah srikaya bisa membantu untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan bisa untuk insektisida ( pembunuh serangga).
  4. Akar
    Banyak sekali kandungan yang ada dalam akar srikaya ini, misalnya seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, terpene, saponin, polifenal, dan tannin. Memiliki manfaat sebagai obat anti radang, anti depresi, mengatasi sembelit, nyeri tulang pada punggung, dan disentri akut.
  5. Kulit kayu
    Bisa dipakai untuk mengobati disentri, diare, dan luka berdarah karena kulit kayu nya memiliki kandungan senyawa seperti borneol, flavonoida, camphor, alkaloid anonain, dan terpene.
Selain itu manfaat buah srikaya juga bisa dipakai untuk kecantikan karena buah srikaya memiliki kandungan vitamin C sebagai anti oksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas.

Berikut beberapa cara pemakaian manfaat buah srikaya baik sebagai obat minum atau pun obat luar.
  1. Bisul keras dan borok
    Ambil daun srikaya secukupnya lalu cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan campur dengan sedikit garam. Selanjutnya tempelkan pada bagian yang borokan atau bisulan dan balut dengan menggunakan kasa atau kain. Diamkan dan ganti 2-3 kali dalam sehari.
  2. Mematangkan bisul
    Ambil daging buah yang telah masak kemudian giling halus dan tambahkan sedikit garam. Kemudian tempelkan pada bisul dan balu dengan memakai kasa atau kain.
  3. Pingsan dan menenangkan orang yang histeris
    Siapkan daun srikaya secukupnya lalu cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian dekatkan tumbukan tersebut pada hidung si penderita supaya aromanya tercium oleh si penderita tersebut.
  4. Membunuh kutu pada kepala
    Siapkan kurang lebih 10 butir biji buah srikaya dan daun nya kurang lebih 1 genggam. Kemudian campur dan tumbuk hingga halus. Selanjutanya campur dengan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai merata. Tempelkan pada kepala dan bungkus dengan kain atau handuk. Diamkan hingga kurang lebih 3 jam kemudian cuci hingga bersih. Peringatan: hati-hati jangan sampai air bilasan masuk ke dalam mata sebab bisa mengakibatkan peradangan dan iritasi.
  5. Anak cacingan
    Siapkan kurang lebih 15 lembar daun srikaya dan cuci bersih. Kemudian rebus dalam 5 gelas air dan diamkan hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan diamkan hingga dingin, lalu saring dan minum 3 kali sehari dengan porsi 1 gelas setiap minum.
  6. Gangguan pencernaan
    Ambil daun srikaya secukupnya dan cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan  campurkan sedikit minyak kelapa lalu usapkan pada perut.
  7. Diare
    Siapkan kurang lebih 6-10 gr kulit batang buah srikaya lalu cuci bersih. Kemudian potong dalam ukuran kecil dan rebus ke dalam 4 gelas air, tambahkan gula merah dan diamkan hingga tersisa kurang lebih 2 gelas. Angkat dan diamkan hingga dingin, lalu saring dan minum 2 x sehari.
  8. Kudis
    Siapkan kurang lebih 15 lembar daun srikaya, cuci dan tumbuk hingga halus. Campur dengan sedikit kapur sirih sambil diremas-remas lalu gosokkan pada kulit yang kudisan. Lakukan secara rutin 2 x sehari.
Sebagai catatan:
  • Bagi ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi rebusan biji nya
  • Jika ingin mengkonsumsi rebusan biji, akar, dan kulit srikaya harus hati-hati karena ada kandungan racun nya. Harus di bawah pengawasan ahli herbal yang sudah berpengalaman.
Anda juga bisa membaca artikel yang lain yang tidak kalah menarik seperti 

manfaat buah mangga dapat mencegah kanker dan jantung


 dan berbagai macam manfaat buahlainnya
Description: Khasiat buah srikaya Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Khasiat buah srikaya

0 komentar:

Posting Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Attention...!!!

Ada yang baru nih... Apa..?
View this Status Via SM

Blogger templates

Free INDONESIA Cursors at www.totallyfreecursors.com

Best Partner

Sumber : http://ferrydwirestuhendra.blogspot.com

Copyright © 2012. Hidup Untuk Belajar - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz